Perbedaan Kembang Setaman Dengan Kembang 7 Rupa Yang Harus Anda Ketahui



Perbedaan Kembang Setaman Dengan Kembang 7 Rupa Yang Harus Anda Ketahui


Dalam ritual jawa tak pernah lepas dari “kembang” sebagai pelengkap ritual. Selain kembang 7 rupa kita juga mengenal istilah kembang setaman, kembang boreh dan kembang telon. Berikut ini adalah perbedaan antara kembang setaman, kembang boreh, kembang telon dan kembang 7 rupa yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Kembang Setaman?

Secara istilah yang disebut dengan kembang setaman adalah sejumlah bunga yang terkumpul dalam bungkusan daun pisang. Isinya yang paling umum adalah mawar merah, bunga melati, cempaka putih atau yang sering disebut dengan kembang kantil, kenanga dan irisan pandan wangi.
Kembang setaman banyak ditempatkan atau ditaburkan di tempat-tempat tertentu yang biasanya dikeramatkan. Misalnya di Makam, perempatan jalan, tempat ritual bahkan ditaburkan di air laut. Maksud penempatannya ada dua. Pertama adalah sebagai doa agar keharuman dari kembang ini senantiasa meyelimuti sosok yang telah meninggal dunia tersebut. Sedangkan yang kedua adalah sebagai pertanda bahwa tempat yang bersangkutan merupakan tempat yang dikeramatkan.

Lalu Apa Bedanya Dengan Kembang 7 Rupa?

Kembang 7 rupa merupakan kembang setaman yang telah dilengkapi sehingga jumlahnya pas 7 jenis kembang. Isi kembangnya tidak paten, tapi yang paling sering digunakan adalah mawar merah, mawar putih, cempaka putih, cempaka kuning, melati, sedap malam dan kenanga. Terkadang salah satu dari 7 jenis tersebut diganti dengan melati gambir atau bunga lain sesuai dengan kepercayaan daerah setempat.

Apa Itu Kembang Boreh dan Kembang Putihan?

Kembang boreh terdiri dari kembang staman berwarna putih, yaitu cempaka putih, mawar putih, melati dan boreh. Sedangkan boreh sendiri parutan dua macam rempah, yakni diingo dan bengle.
Kembang boreh dimaksudkan agar manusia selalu suci murni dalam tindak tanduk dan perilakunya. Sebab warna putih melambangkan kesucian dan ketulusan hati. Selain itu kembang boreh juga dimkasudkan sebagai pengingat agar manusia selalu waspada.

Lalu Apa Itu Kembang Telon?

Istilah Telon berasal dari kata telu yang berarti tiga. Dimaksudkan agar manusia dapat meraih tiga kesempurnaan hidup atau Tri Tunggal Jaya Sampurna. Tiga kesempurnaan hidup ini adalah sugih banda (kaya harta), sugih ngilmu (kaya ilmu), dan sugih kuasa (jabatan). Adapun jenis bunga yang termasuk dalam kembang telon adalah Mawar (bisa merah bisa putih), melati, dan cempaka putih.
Kembang Setaman tidak dipilih sembarangan. Masing-masing bunga tersebut memiliki makna sebagai berikut :
  • Bunga Mawar Merah memaknai kelahiran manusia ke dunia
  • Bunga Mawar Putih memaknai kesejahteraan dan kedamaian hidup
  • Bunga Cempaka mewakili kekuatan spiritual untuk mencapai kesuksesan lahir batin
  • Bunga Melati mewakili perasaan dan nurani dalam bertindak
  • Bunga Sedap Malam memaknai keharmonisan dan ketentraman hidup
  • Bunga Kenanga mewakili generasi penerus leluhur
ATEP FLORIST
WHATS APP

Komentar

Toko bunga

Jenis bunga untuk ziarah kekuburan dan manfaatny

Hukum menyiram air dan bunga di kuburan

hand bouquet dan karangan bunga murah

Manfaat bunga melati

Karangan bunga...

Eksotis Sarat Mitos SEDAP MALAM

Jenis bunga yang di sukai wanita